Skripsi Bab V PAI



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.  Kesimpulan
Dari hasil penelitian tentang Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga Hubungan dengan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg Tahun Ajar 2011/2012, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berukut:
1.    Penggunaan alat peraga yang tepat ternyata membuahkan hasil yang memuaskan di MTs Miftahusshudur. Hal ini terbukti dengan melihat data yang penulis peroleh dari hasil angket dengan jumlah keseluruhan mencapai skor 1.699 dengan nilai rata-rata 70,79.
2.    Prestasi siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits tergolong baik. Hal ini terbukti dari jumlah keseluruhan responden yang penulis teliti dengan jumlah nilai keseluruhan 1.670 dengan nilai rata-rata 69,58.
3.    Setelah penulis korelasikan antara variabel x (kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga) dengan variabel y  (keberhasilan/prestasi siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits) diperoleh nilai koefisien sebesar 0,713. Menurut Sugiyono (2011: 231) bahwa nilai antara 0,60-0,799 adalah menyatakan korelasi kuat. Sedangkan jika dikonsultasikan terhadap r tabel diperoleh nilai 0,423 pada tarap signifikan 5% dan 0,537 pada tarap signifikan 1%, sehingga r hitung (0,713) > r tabel ((0,423)(0,537)), yang berarti hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x (kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga) dengan variabel y  (keberhasilan/prestasi siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits) maka interpretasinya adalah semakin kreatif guru dalam menggunakan alat peraga ketika mengajar, maka semakin baik pula prestasi siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012.
4.     Dilihat dari perhitungan t hitung diperoleh nilai sebesar 4,76 dan t tabel sebesar 1,1. Dengan demikian karena t hitung lebih besar dari t tabel maka dapat dikatakan bahwa terdapat korelassi yang signifikan antara variabel x (kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga) dengan variabel y  (keberhasilan/prestasi siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits), maka interpretasinya adalah semakin kreatif guru dalam menggunakan alat peraga ketika mengajar, akan semakin baik pula prestasi siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012. Dari perhitungan K  = 2 dimana r = 0,713 maka K  = 2 adalah 0,7011 dan E = 100 (1 – 0,70)  adalah 30%. Dengan demikian bahwa pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga sewaktu mengajar terhadap  keberhasilan/prestasi siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits  sebesar 30%, sehingga masih ada faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan siswa yaitu sebesar 70%. Dengan demikian, alat peraga mempunyai hubungan yang erat dengan prestasi siswa kelas VIII di  MTs Miftahusshudur Blok Cibitung Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012.
B.  Saran
Saran yang penulis maksud adalah informasi dan buah fikiran yang sekiranya bermanfa’at dan berguna bagi yang berkepentingan.
Dalam akhir sekripsi ini, penulis mempunyai informasi dan buah fikiran yang akan disampaikan sebagai berikut:
1.    Pada orang tua hendaknya betul-betul selektif dalam mengawasi anak-anaknya ketika bergaul, membina anaknya supaya rajin dan giat belajar di rumah. Hal ini terbukti dari hasil penelitian, bahwa 70% merupakan fraktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa dan yang 30%-nya adalah penggunaan alat peraga dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Dengan demikian penulis merasa yakin faktor lain yang 70% tersebut merupakan tanggung jawab orang tua untuk senantiasa membinanya.
2.    Pada instansi sekolah seyogyanya mampu memfasilitasi guru dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah demi peningkatan prestasi belajar siswanya tersebut. Hal ini di tuangkan dalam penyediaan alat peraga yang memadai.
3.    Pada guru yang mempunyai peranan yang paling utama dalam keberhasilan prestasi siwa, dituntut agar dan senantiasa mampu menuangkan ide atau cara yang perlu dikembangkan dan diterapkan dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang kondusif demi terciptanya siswa-siswi yang berprestasi sesuai denagan apa yang diharapkan. Hal tersebut seorang guru harus dapat menggunakan alat peraga yang telah disediakan pihak instansi sekolah, bahkan seorang guru harus dapat membuat alat peraga yang tepat dan berdaya guna apabila pihak sekolah belum memfasilitasinya.
Previous
Next Post »