BAB IV
ANALISIS DATA PENELITIAN
A. Penentuan Teknik Pengolahan Data
Setelah angket yang disebarkan kepada responden yang berjumlah 24 orang
siswa kelas VIII MTs Miftahusshudur Blok Cibitung Desa Silihwangi Kecamatan
Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012 terkumpul, selanjutnya penulis melakukan
tabulasi data dari hasil angket dengan langkah memberi skor terhadap
masing-masing item.
Angket yang disebarkan kepada responden berbentuk multiple chois dengan lima alternatif jawaban berstruktur, yaitu a,
b, c, d, dan e. Untuk keperluan analisisnya dengan skor
tertentu, bentuk pernyataan yang diajukan kepada responden terdiri dari item
positif, untuk penskorannya adalah sebagai berikut:
1)
Apabila
responden memilih sangat setuju, maka nilainya 5
2)
Apabila
responden memilih setuju, maka nilainya 4
3)
Apabila
responden memilih ragu-ragu, maka nilainya 3
4)
Apabila
responden memilih tidak setuju, maka nilainya 2
5)
Apabila
responden memilih sangat tidak setuju, maka nilainya 1
Setelah data terkumpul akan dijabarkan
dengan menggunakan analisis statistik dengan menyajikan tabel. Dalam arti
sempit statistik dapat diartikan sebagai data, tetapi dalam arti luas statistik
dapat diartikan alat. Alat untuk analisis dan alat untuk membuat keputusan.
(Sugiyono, 2011: 21).
Adapun untuk mencari rata-rata variabel x (pengaruh kreativitas guru dalam
penggunaan alat peraga) dan rata-rata variabel y (keberhasilan prestasi siswa pada pelajaran Al-Qu’an Hadits),
maka digunakan rumus:
1.
Rata-rata
variabel x
Mean x =
2.
Rata-rata
variabel y
Mean y =
(Sugiyono, 2011: 49)
Untuk menghitung tingkat korelasi antara
variabel x dan
y
maka digunakan rumus product moment, yaitu:
(Sugiyono, 2011: 228) Keterangan: rxy = koefisien index korelasi
n =
banyaknya sampel
x =
variabel bebas
y = variabel terikat
Penafsiran akan besarnya
koefisien korelasi yang umum digunakan adalah:
Interval Koefisien
|
Tingkat Hubungan
|
0,00 – 0,199
0,20 – 0,399
0,40 – 0,599
0,60 – 0,799
0,80 – 1,000
|
Sangat Rendah
Rendah
Sedang
Kuat
Sangat Kuat
|
(Sugiyono,
2011: 231)
Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui
apakah hipotesis yang diajukan diterima atau ditolak, digunakan rumus:
t hitung =
(Subana dkk, 2000: 171)
hasil pengujian t hitung kemudian dibandingan dengan t tabel
Jika t hitung ≥ t tabel H0 ditolak atau Ha
diterima, artinya signifikan.
Jika t hitung ≤ t tabel H0 ditolak atau Ha
ditolak, artinya tidak signifikan.
(Arikunto, 1996:
120 )
Selanjutnya untuk mengetahui keterangan
tidak ada korelasi atau ada korelasi antara variabel x dan variabel y, dengan
menggunakan rumus:
K =
2
Setelah diperoleh harga dari rumus
tersebut, maka digunakan rumus:
E = 100 (1 – k)
Dengan keterangan sebagai berikut:
E =
Indeks konstan
1 =
Angka konstan
100 =
Persen
k =
Derajat tidak ada korelasi
B. Pengolahan Data
1. Penyebaran Alat Pengumpulan Data
Dalam penyebaran alat pengumpulan data ini
penulis lakukan dengan urutan sebagai berikut:
a.
Observasi
dilakukan sejak tanggal 20 Januari 2012
Observasi dilakukan sejak ditentukannya
pengajuan judul proposal penelitian dan
untuk diajukan sebagai judul skripsi penelitian.
b.
Wawancara
dilakukan sejak tanggal 20 Januari 2012
Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah
dan guru-guru di MTs Miftahusshudur Blok Cibitung Desa Silihwangi Kecamatan
Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012.
c.
Penyebaran
angket dilaksanakan pada tanggal 01 April 2012
Penyebaran angket dilaksakan setelah judul
penelitian diterima dan disahkan, dan pelaksanaan bimbingan sudah dimulai. Angket
disebarkan kepada 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa kelas VIII A dan 12 siswa
kelas VIII B kemudian dikumpulkan pada hari itu juga.
d.
Dokumentasi
dilakukan sejak tanggal 2 Pebuari sampai tanggal 13 Juni 2012
Dokumentasi di sini yaitu sebagai upaya memperoleh data
yang kiranya penulis perlukan seperti halnya data jumlah siswa, jumlah tenaga
pengajar, sarana belajar, prasarana belajar, data untuk variabel y (dengan melihat dan mencatat leger
siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadits) dan sebagainya.
2. Seleksi Data dan Tabulasi Data
a.
Seleksi
data
Langkah ini dimaksudkan untuk menyeleksi data mana yang yang layak diolah
lebih lanjut serta data mana yang seyogyanya disisihkan dalam proses analisis
data. Dengan kata lain, di sini penulis memeriksa satu persatu angket
yang disebarkan kepada responden apakah jumlahnya sesuai atau tidak, apakah
angket ada yang rusak atau tidak, apakah ada jawaban yang ganda atau tidak.
Adapun hasil seleksi angket tersebut akan penulis sajikan dalam bentuk
tabel di bawah ini.
TABEL 26
SELEKSI ANGKET PENELITIAN
Disebarkan
|
Kembali
|
Jawaban
Ganda
|
Dapat Diolah
|
||
Utuh
|
Rusak
|
Hilang
|
|||
24
|
24
|
-
|
-
|
-
|
24
|
b.
Tabulasi
Data
Adapun realita pengaruh kreativitas guru
dalam penggunaan alat peraga dari hasil jawaban responden adalah sebagai
berikut:
TABEL 27
TABULASI DATA VARIABEL X
KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN HADITS
DALAM PENGGUNAAN ALAT PERAGA
NO
|
RESPONDEN
|
NOMOR SOAL
|
JML
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
|||
1
|
01
|
5
|
2
|
3
|
5
|
3
|
4
|
2
|
4
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
5
|
4
|
5
|
2
|
3
|
2
|
2
|
65
|
2
|
02
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
5
|
4
|
3
|
2
|
4
|
5
|
4
|
71
|
3
|
03
|
4
|
4
|
2
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5
|
3
|
4
|
2
|
4
|
4
|
4
|
66
|
4
|
04
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
74
|
5
|
05
|
4
|
2
|
4
|
2
|
3
|
5
|
3
|
5
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
5
|
2
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
72
|
6
|
06
|
5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5
|
5
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
5
|
3
|
4
|
72
|
7
|
07
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
5
|
2
|
4
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
5
|
3
|
4
|
2
|
5
|
4
|
4
|
63
|
8
|
08
|
5
|
2
|
4
|
2
|
4
|
5
|
3
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
5
|
2
|
2
|
5
|
5
|
76
|
9
|
09
|
4
|
2
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
5
|
3
|
4
|
3
|
3
|
5
|
4
|
71
|
10
|
10
|
4
|
5
|
2
|
3
|
3
|
4
|
3
|
5
|
3
|
5
|
2
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
2
|
5
|
4
|
4
|
70
|
11
|
11
|
2
|
2
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
62
|
12
|
12
|
5
|
2
|
2
|
2
|
3
|
5
|
5
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5
|
3
|
3
|
3
|
5
|
5
|
5
|
72
|
13
|
13
|
5
|
2
|
2
|
5
|
3
|
5
|
5
|
5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
5
|
3
|
5
|
2
|
3
|
5
|
2
|
71
|
14
|
14
|
5
|
5
|
3
|
4
|
3
|
5
|
3
|
5
|
2
|
4
|
3
|
2
|
3
|
5
|
3
|
4
|
4
|
5
|
4
|
2
|
74
|
15
|
15
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
5
|
66
|
16
|
16
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
80
|
17
|
17
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
3
|
5
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
81
|
18
|
18
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
66
|
19
|
19
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
68
|
20
|
20
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
73
|
21
|
21
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
72
|
22
|
22
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
5
|
5
|
4
|
4
|
5
|
5
|
4
|
82
|
23
|
23
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
5
|
5
|
4
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
4
|
3
|
3
|
5
|
66
|
24
|
24
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
3
|
66
|
3. Variabel x (Kreativitas Guru
dalam Penggunaan Alat Peraga)
Dari hasil angket variabel x tentang kreativitas guru dalam
penggunaan alat peraga di MTs Miftahusshudur Blok Cibitung Desa Silihwangi
Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012 yang disebarkan kepada 24 responden,
dapat diperoleh data sebagai berikut:
TABEL 28
VARIABEL X
65
|
71
|
66
|
74
|
72
|
72
|
63
|
76
|
71
|
70
|
62
|
72
|
71
|
74
|
66
|
80
|
81
|
66
|
68
|
73
|
72
|
82
|
66
|
66
|
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa
realitas kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga di MTs Miftahusshudur
Blok Cibitung Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012,
terbukti dari jawaban responden mencapai rata-rata sebagai berikut:
x =
=
= 70.79
4. Variabel y (Prestasi Siswa pada
Pelajaran Al-Qur’an Hadits)
Adapun realita keberhasilan/prestasi
belajar pada mata ajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs Miftahusshudur Blok Cibitung Desa Silihwangi
Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012 dari nilai raport responden adalah
sebagai berikut:
TABEL 29
VARIABEL Y
70
|
65
|
65
|
70
|
70
|
70
|
60
|
70
|
70
|
80
|
65
|
80
|
65
|
70
|
60
|
80
|
80
|
60
|
60
|
70
|
80
|
80
|
60
|
70
|
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa
realitas keberhasilan/prestasi belajar siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits di MTs
Miftahusshudur Blok Cibitung Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg Kabupaten
Majalengka Tahun Ajar 2011/2012, terbukti dari nilai raport responden mencapai
rata-rata sebagai berikut:
y =
=
= 69.58
5. Keterkaitan Variabel x dan
Variabel y untuk Analisis Korelasi
Untuk mengetahui seberapa jauh korelasi
antara variabel x dan variabel y penulis menggunakan rumus korelasi
product moment dan prosesnya dapat dilihat dalam tabel berikut:
TABEL 30
DATA VARIABEL X DAN VARIABEL Y UNTUK
ANALISIS KORELASI
Responden
|
X
|
Y
|
X2
|
Y2
|
XY
|
|
|
||||||
1
|
01
|
65
|
70
|
4.225
|
4.900
|
4.550
|
2
|
02
|
71
|
65
|
5.041
|
4.225
|
4.615
|
3
|
03
|
66
|
65
|
4.356
|
4.225
|
4.290
|
4
|
04
|
74
|
70
|
5.476
|
4.900
|
5.180
|
5
|
05
|
72
|
70
|
5.184
|
4.900
|
5.040
|
6
|
06
|
72
|
70
|
5.184
|
4.900
|
5.040
|
7
|
07
|
63
|
60
|
3.969
|
3.600
|
3.780
|
8
|
08
|
76
|
70
|
5.776
|
4.900
|
5.320
|
9
|
09
|
71
|
70
|
5.041
|
4.900
|
4.970
|
10
|
10
|
70
|
80
|
4.900
|
6.400
|
5.600
|
11
|
11
|
62
|
65
|
3.844
|
4.225
|
4.030
|
12
|
12
|
72
|
80
|
5.184
|
6.400
|
5.760
|
13
|
13
|
71
|
65
|
5.041
|
4.225
|
4.615
|
14
|
14
|
74
|
70
|
5.476
|
4.900
|
5.180
|
15
|
15
|
66
|
60
|
4.356
|
3.600
|
3.960
|
16
|
16
|
80
|
80
|
6.400
|
6.400
|
6.400
|
17
|
17
|
81
|
80
|
6.561
|
6.400
|
6.480
|
18
|
18
|
66
|
60
|
4.356
|
3.600
|
3.960
|
19
|
19
|
68
|
60
|
4.624
|
3.600
|
4.080
|
20
|
20
|
73
|
70
|
5.329
|
4.900
|
5.110
|
21
|
21
|
72
|
80
|
5.184
|
6.400
|
5.760
|
22
|
22
|
82
|
80
|
6.724
|
6.400
|
6.560
|
23
|
23
|
66
|
60
|
4.356
|
3.600
|
3.960
|
24
|
24
|
66
|
70
|
4.356
|
4.900
|
4.620
|
|
||||||
∑
|
1.699
|
1.670
|
120.943
|
117.400
|
118.860
|
Setelah data tersebut dijumlah dan
dikelompokkan selanjutnya diadakan proses pengolahan
data untuk mengetahui besarnya korelasi. Adapun prosesnya adalah sebagai
berikut:
Dari
hasil pengolahan data tersebut dapat diketahui bahwa skor akhir korelasi
product moment adalah 0,713. Kriteria yang digunakan dalam menafsirkan data
tersebut ditentukan berdasarkan pendapat Sugiyono (2011: 231), yakni:
TABEL 31
KRITERIA KORELASI PRODUCT MOMENT
Interval Koefisien
|
Tingkat Hubungan
|
0,00 – 0,199
0,20 – 0,399
0,40 – 0,599
0,60 – 0,799
0,80 – 1,000
|
Sangat Rendah
Rendah
Sedang
Kuat
Sangat Kuat
|
Sehingga menurut perhitungan di atas
diperoleh rxy adalah 0,713
berada pada interval 0,60 – 0,799 bahwa memiliki korelasi yang kuat antara
variabel x dan variabel y.
6. Uji
Hipotesis
Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui
apakah hipotesis yang diajukan diterima atau ditolak, dengan rumus:
t hitung
Setelah dicari t hitung maka selanjutnya dicari t tabel dari daftar tabel t dengan mencari terlebih dahulu derajat kebebasan (dk).
dk = N – 2
= 24 – 2
= 22
t tabel =
(1 – 0,95) (dk)
= (0.05) (22)
= 1,1
Sehingga t hitung (4,769726)
t tabel
(1.1) maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Untuk mengetahui taraf signifikansi, penulis melihat dari tabel nilai-nilai r product moment yaitu sebagai berikut:
TABEL 32
NILAI-NILAI r PRODUCT MOMENT
N
|
Taraf Signifikan
|
N
|
Taraf Signifikan
|
N
|
Taraf Signifikan
|
|||
5%
|
1%
|
5%
|
1%
|
5%
|
1%
|
|||
3
|
0,997
|
0,999
|
27
|
0,381
|
0,487
|
55
|
0,266
|
0,345
|
4
|
0,990
|
0,990
|
28
|
0,374
|
0,478
|
60
|
0,254
|
0,330
|
5
|
0,878
|
0,959
|
29
|
0,367
|
0,470
|
65
|
0,244
|
0,317
|
6
|
0,811
|
0,917
|
30
|
0,361
|
0,463
|
70
|
0,235
|
0,306
|
7
|
0,754
|
0,874
|
31
|
0,355
|
0,456
|
75
|
0,227
|
0,296
|
8
|
0,707
|
0,834
|
32
|
0,349
|
0,449
|
80
|
0,220
|
0,286
|
9
|
0,666
|
0,798
|
33
|
0,344
|
0,442
|
85
|
0,213
|
0,278
|
10
|
0,632
|
0,765
|
34
|
0,339
|
0,436
|
90
|
0,207
|
0,270
|
11
|
0,602
|
0,735
|
35
|
0,334
|
0,430
|
95
|
0,202
|
0,263
|
12
|
0,576
|
0,708
|
36
|
0,329
|
0,424
|
100
|
0,195
|
0,256
|
13
|
0,553
|
0,684
|
37
|
0,325
|
0,418
|
125
|
0,176
|
0,230
|
14
|
0,532
|
0,661
|
38
|
0,320
|
0,413
|
150
|
0,159
|
0,210
|
15
|
0,514
|
0,641
|
39
|
0,316
|
0,408
|
175
|
0,148
|
0,194
|
16
|
0,497
|
0,623
|
40
|
0,312
|
0,403
|
200
|
0,138
|
0,181
|
17
|
0,482
|
0,606
|
41
|
0,308
|
0,398
|
300
|
0,113
|
0,148
|
18
|
0,468
|
0,590
|
42
|
0,304
|
0,393
|
400
|
0,098
|
0,128
|
19
|
0,456
|
0,575
|
43
|
0,301
|
0,389
|
500
|
0,088
|
0,115
|
20
|
0,444
|
0,561
|
44
|
0,297
|
0,384
|
600
|
0,080
|
0,105
|
21
|
0,433
|
0,594
|
45
|
0,294
|
0,380
|
700
|
0,074
|
0,097
|
22
|
0,423
|
0,537
|
46
|
0,291
|
0,376
|
800
|
0,070
|
0,091
|
23
|
0,413
|
0,526
|
47
|
0,288
|
0,372
|
900
|
0,065
|
0,086
|
24
|
0,404
|
0,515
|
48
|
0,284
|
0,368
|
1000
|
0,062
|
0,081
|
25
|
0,396
|
0,505
|
49
|
0,281
|
0,364
|
|||
26
|
0,388
|
0,496
|
50
|
0,279
|
0,361
|
Dilihat dari tabel product moment di atas r
tabel dengan df (n-2) = 22
nilai r tabel yang 1%
adalah 0,537 dan yang 5% adalah 0,423 sehingga r hitung (0,713) > r tabel ((0,537)(0,423)), maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Yang berarti hal tersebut menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan.
Dan untuk mengetahui keterangan tidak ada
korelasi atau ada korelasi antara variabel x
dan variabel y, maka dapat digunakan rumus:
K =
2
=
2
=
=
= 0,7011
Setelah diketahui derajat tidak adanya
korelasi, maka selanjutnya menghitung tinggi rendahnya pengaruh variabel x terhadap variabel y dengan rumus:
E = 100 (1 – k)
Keterangan:
E =
Indeks konstan
1 =
Angka konstan
100 =
Persen
k =
Derajat tidak ada korelasi
E =
100 (1 – k)
= 100 (1 – 0,70)
= 100 (0,3)
= 30%
Dari perhitungan di atas dapat dikatakan
bahwa pengaruh antara variabel x dan
variabel y mencapai 30% dengan
demikian terdapat faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan/prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahusshudur sebesar 70%.
C. Interpretasi Data
1. Interpretasi Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga terhadap
Prestasi Siswa
Dari perhitungan korelasi product moment
diperoleh rxy sebesar
0,713 terletak antara 0,60 -0,799 dengan
demikian dapat dikatakan bahwa korelasi antara variabel x dan variabel y ini
adalah kuat sehingga antara variabel x
(kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga) dengan variabel y
(keberhasilan/prestasi pada mata ajar Al-Qur’an Hadits) memiliki korelasi yang
kuat, sehingga dapat dikatakan bahwa jika guru sangat kreatif dalam
pembelajaran dan dalam membuat dan menggunakan alat peraga dalam mengajar, maka berpengaruh terhadap keberhasilan/prestasi siswa.
2. Interpretasi dengan Menggunakan Nilai Tabel ”t”
Diketahui dk (derajat kebebasan) = N – 2
dimana N = 24 dan 2 (x dan y) sehingga didapat dk = 24 – 2 adalah 22 dengan memeriksa t tabel sebesar 1,1 dan t hitung adalah sebesar 4,76. Dengan demikian karena t hitung lebih besar dari t tabel, maka Ha
diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang signifikan. Dan
kesimpulannya adalah bahwa tinggi rendahnya keberhasilan/prestasi siswa pada
pelajaran Al-Qur’an Hadits berhubungan dengan kreativitas guru dalam
penggunaan alat peraga.
3. Tingkat Kepedulian Antara Kedua Variabel
Dari perhitungan K =
2 dimana r
= 0,713 maka K =
2 adalah 0,7011 dan E = 100 (1 – 0,70) adalah 30%. Dengan demikian bahwa
pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga sewaktu mengajar
terhadap keberhasilan/prestasi siswa
pada mata ajar Al-Qur’an Hadits sebesar 30%,
sehingga masih ada faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan siswa yaitu
sebesar 70%.
4. Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga (Variabel x)
Pembuatan alat peraga yang kreatif dan
penggunaannya yang sesuai dan tepat sangat berpengaruh terhadap prestasi siswa
pada mata ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan
Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012 tergolong baik. Hal ini terbukti dari
data yang penulis peroleh dari hasil angket dengan jumlah keseluruhan mencapai
skor 1.699 dengan nilai rata-rata 70,79.
5. Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Variabel y)
Prestasi siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan
Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012 tergolong baik. Hal ini terbukti dari
jumlah keseluruhan responden yang penulis teliti dengan jumlah nilai
keseluruhan 1.670 dengan nilai rata-rata 69,58.
6. Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga Hubungan dengan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran
Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan
Bantarujeg
Setelah penulis korelasikan variabel x (Kreativitas Guru dalam Penggunaan
Alat Peraga) dengan variabel y (Prestasi
Siswa pada Mata Ajar Al-Qur’an Hadits) diperoleh Koifisien 0,713. Menurut Sugiyono (2011:
231), menyatakan bahwa
”Antara 0,60 - 0,799 adalah kuat”, maka interpretasinya adalah apabila guru semakin kreatif dalam hal
mengolah kelas yaitu dengan membuat alat peraga yang tepat guna dan menggunakan
dalam kegiatan belajar mengajar secara baik dan tepat pula, maka semakin tinggi
pula keberhasilan/pretasi siswa pada mata ajar Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan
Bantarujeg Kabupaten Majalengka.