KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN
ALAT PERAGA HUBUNGAN DENGAN PRESTASI SISWA
PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII
DI MTS MIFTAHUSSHUDUR DESA SILIHWANGI
KECAMATAN BANTARUJEG
TAHUN AJAR 2011/2012
SKRIPSI
Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam
Pada Program Studi PAI
Disusun Oleh :
A S E P I W A N
NPM. 10 10 3 0009
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MAJALENGKA
TAHUN 2012
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
Motto:
“Pendidikan tidak menyuburkan benih pada dirimu, tapi membuat benihmu tumbuh”
“Jika kekayaan menjadi tujuan iman, jika patriotisme menjadi sarana
kepentingan pribadi dan jika pendidikan menjadi alat pengejar pangkat, aku lebih
suka menjadi orang yang tidak usah beriman, bukan patriotisme dan orang bebal
yang rendah hati”
Persembahan:
Ku persembahkan karya
tulisku ini untuk istriku tersayang, ayahanda dan ibunda tercinta, untuk
adik-adikku dan keluarga tercinta.dan juga teman-temanku
ABSTRAKSI
ASEP IWAN: Kreativitas Guru dalam Penggunaan
Alat Peraga Hubungan
dengan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran
Al-Qrr’an Hadits Kelas VIII di MTs Miftahusshudur
Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012.
Pendidikan
merupakan proses belajar memang tidak cukup dengan sekedar mengajar masalah
kecerdasan saja, berbagai potensi anak didik atau subjek belajar lainnya juga harus mendapatkan
perhatian yang profesional agar
berkembang secara optimal. Karena itulah aspek atau rasa emosi maupun
keterampilan fisik juga perlu mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berkembang. Sebagai mana yang kita kenal istilah cipta, rasa dan karsa. Guru
merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didiknya. Dalam dunia
pendidikan keterampilan dalam mengolah kelas dan menggunakan alat peraga
merupakan syarat utama yang mesti dimiliki oleh seorang guru profesional,
karena keterampilan atau kreatifnya seorang guru, akan membuat suasana proses
belajar-mengajar yang kondusif dan efisien.
Ada tiga macam
rumusan masalah yang penulis tetapkan yang berkisar pengaruh kreativitas guru
dalam penggunaan alat peraga terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadits, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
sejauhmana kreativitas guru dalam menggunakan alat peraga pada mata pelajaraan
Al-Qur’an Hadits, prestasi siswa pada
mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan
untuk mengetahui apakah ada korelasi atau hubungannya penggunaan alat peraga
dengan prestasi siswa pada mata pelajaraan Al-Qur’an Hadits di MTs
Miftahusshudur.
Dalam penelitian
ini penulis membuat gambaran pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan alat
peraga pengaruhnya terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits. Adapun untuk menganalisa data yang diperoleh penulis menggunakan
komunikasi tidak langsung berupa angket tertutup sebanyak 20 item yang di
sebarkan kepada siswa yang ditetapkan sebagai sampel sebanyak 24 orang, data
kualitatif berupa nilai prestasi belajar bersumber pada leger di sekolah.
Setelah data
terkumpul diolah dengan menggunakan rumus korelasi product moment untuk mencari
pengaruh variabel x dan y. Hasil yang diperoleh menunjukan korelasi kuat 0,713 berada pada interval 0,60 – 0,799.
Pada bagian akhir skripsi, penulis mengajukan saran yang
ditujukan kepada orang tua, instansi sekolah dan guru. Isi saran mengacu pada
perbaikan situasi pendidikan selanjutnya.
KATA PENGANTAR
ÉOó¡Î0
«!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$#
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Illahi Rabbi Allah SWT,
karena berkat Rahmat dan Ridha-Nya, penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi
yang berjudul ”KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN ALAT PERAGA HUBUNGAN DENGAN
PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTS
MIFTAHUSSHUDUR DESA SILIHWANGI KECAMATAN BANTARUJEG
TAHUN AJAR 2011/2012”. Shalawat serta salam semoga
tetap tercurah limpahkan pada junjunan kita Nabi Muhammad SAW, beserta
keluarganya, sahabatnya dan kepada seluruh umat Islam yang sholeh dan sholehah.
skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana
pendidikan Islam pada program studi PAI.
Penulis banyak mendapat bantuan, motivasi, serta bimbingan dari berbagai
pihak. Dan pada kesempatan ini penulis akan menyampaikan rasa terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu demi terwujudnya karya
tulis ini, kiranya penulis mengucapkan terima
kasih kepada:
1.
Prof. Dr. H. A.
Yunus, Drs, SH, MBA, M.Si., Rektor Universitas Majalengka.
2.
Drs. H. Hasan
Sarip, M.Si., Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Majalengka.
3.
Drs. M. Saroni,
M.Ag., Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Majalengka.
4.
Drs. H. Abu
Syahbudin, M.Ag., selaku Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam Universitas
Majalengka.
5.
H. Z.A.
Sastramiharja, SH.,MH., Selaku pembimbing I.
6.
Drs. H. U.
Saeful Uyun, M.M.Pd., Selaku pembimbing II.
7.
Semua Dosen dan
Karyawan/karyawati yang bertugas pada Fakultas Agama Islam Universitas
Majalengka.
8.
Keluarga
tercinta, terutama ayahanda dan ibunda yang mana telah memberikan bantuan moril
yang tak ternilai harganya.
9.
Adi-adikku
tersayang yang sedikit besarnya telah membantu kelancaran penyelesaian karya
tulis ini.
10.
Nina Herlina,
S.Pd., atas segala fasilitasnya, motivasinya, semangatnya, ide-idenya, masukannya
dan bantuannya.
11.
Bapak E. Makbullah,
S.Pd.,M.Pd., Kepala Sekolah SDN Cigaleuh II yang mana beliau selalu memberikan
masukan dan motivasinya.
12.
Bapak Yedi
Herdiana, S.P., Kepala Sekolah MTs Miftahusshudur atas fasilitasnya.
13.
Ibu Nina Sri
Hayani, S.Pd.I., Guru Al-Qur’an Hadits MTs Miftahusshudur atas informasi dan
bantuannya.
14.
Teman-teman yang
selalu memberikan support-nya.
15.
Serta semua pihak
yang telah membantu dalam kelancaran penyusunan skripsi ini.
Semoga Allah SWT membalas semua amal kebaikan yang
telah Bapak/Ibu berikan. Amin.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya tulis ini tidak lepas dari
kekurangan, hal ini dikarenakan keterbatasan
kemampuan dan penngetahuan yang dimiliki penulis. Untuk itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna perbaikan dan
penyempurnaan lebih lanjut.
Akhirnya penulis berharap, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca
dan bagi penulis khususnya, sehingga syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan
Islam dapat terwujud. Amin.
Majalengka,
Juli 2012
Penulis,
DAFTAR ISI
ABSTRAKSI............................................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................ v
DAFTAR TABEL.................................................................................................... x
DAFTAR GAMBAR............................................................................................. xii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................................... 1
B. Perumusan Masalah...................................................................................... 4
1.
Pembatasan Masalah................................................................................ 5
C. Tujuan Penelitian.......................................................................................... 5
D. Kerangka Pemikiran..................................................................................... 6
E.
Langkah-langkah Penelitian......................................................................... 9
1.
Penentuan Metode Penelitian.................................................................. 9
2.
Menetapkan Sumber Data Penelitian.................................................... 11
3.
Teknik Pengumpulan Data.................................................................... 12
4.
Teknik Analisis Data............................................................................. 15
BAB II KAJIAN TEORITIK PENELITIAN
A. Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Alat Peraga (Media Pembelajaran). 18
1.
Pengertian Kreativitas........................................................................... 18
2.
Pengertian Guru..................................................................................... 22
3.
Pengertian Alat Peraga (Media Pembelajaran)...................................... 27
4.
Jenis-jenis Alat Peraga (Media Pembelajaran)....................................... 29
5.
Kelebihan dan Kelemahan Alat
Peraga (Media Pembelajaran)............. 30
6.
Manfa’at Penggunaan Alat Peraga
(Media Pembelajaran).................... 31
B. Prestasi Belajar Siswa................................................................................. 33
1.
Makna Prestasi Belajar.......................................................................... 33
2.
Jenis-jenis Prestasi Belajar..................................................................... 34
3.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi.......................................... 36
C. Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam Pembelajaran.......................................... 42
1.
Pengertian Al-Qur’an............................................................................ 42
2.
Keistimewaan Al-Qur’an....................................................................... 43
3.
Pengertian Al-Hadits............................................................................. 44
4.
Fungsi dan Perbandingan Hadits
dengan Al-Qur’an............................ 46
5.
Pengertian Mata Pelajaran
Al-Qur’an Hadits........................................ 46
6.
Fungsi Mata Pelajaran Al-Qur’an
Hadits.............................................. 48
7.
Tujuan Mata Pelajaran Al-Qur’an
Hadits.............................................. 49
8.
Dasar-dasar Pembelajaran
Al-Qur’an Hadits........................................ 49
D. Pengeruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi siswa........................ 51
BAB III KONDISI OBJEKTIF LOKASI PENELITIAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian........................................................... 52
1.
Letak Geografis MTs
Miftahusshudur.................................................. 52
2.
Keadaan Demografis Objek
Penelitian................................................. 53
3.
Profil Sekolah........................................................................................ 71
4.
Visi, Misi dan Tujuan............................................................................ 71
5.
Struktur Organisasi MTs
Miftahusshudur............................................. 72
6.
Muatan Kurikulum MTs
Miftahusshudur.............................................. 74
7.
Denah MTs Miftahusshudur.................................................................. 78
8.
Kegiatan Belajar Mengajar di MTs Miftahusshudur............................. 79
B. Keadaan Siswa........................................................................................... 82
C. Tenaga Pendidik Dan Kependidikan......................................................... 83
1.
Keadaan Guru....................................................................................... 83
2.
Tenaga Tata Usaha................................................................................ 84
D. Sarana Dan Prasarana................................................................................. 84
1.
Sarana Belajar MTs Miftahusshudur..................................................... 85
2.
Prasarana Belajar MTs
Miftahusshudur................................................. 86
BAB IV ANLISIS DATA PENELITIAN
A. Penetuan Teknik Pengolahan Data............................................................. 88
B. Pengolahan Data........................................................................................ 91
1.
Penyebaran Alat Pengumpulan Data..................................................... 91
2.
Seleksi Data dan Tabulasi Data............................................................. 92
3.
Variabel x (Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga)............. 93
4.
Variabel y (Prestasi Siswa pada Pelajaran Al-Qur’an Hadits)............... 94
5.
Keterkaitan Variabel x dan Variabel y untuk Analisis Korelasi............ 95
6.
Uji Hipotesis.......................................................................................... 97
C. Interprestasi Data..................................................................................... 101
1.
Interpretasi Kreativitas Guru
dalam Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Siswa 101
2.
Interpretasi dengan Menggunakan
Nilai Tabel ”t”.............................. 101
3.
Tingkat Kepedulian Antara Kedua Variabel....................................... 101
4.
Kreativitas Guru dalam Penggunaan
Alat Peraga (Variabel x)........... 102
5.
Prestasi Siswa pada Mata
Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Variabel y).... 102
6.
Kreativitas Guru dalam Penggunaan
Alat Peraga Hubungan dengan Prestasi
Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Kelas VIII di MTs Miftahusshudur Desa
Silihwangi Kecamatan Bantarujeg........................................................................................... 102
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan............................................................................................... 104
B. Saran......................................................................................................... 106
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................... 108
LAMPIRAN-LAMPIRAN;
A. Halaman Judul
B. Persetujuan
C. Pengesahan
D. Pernyataan Otensita Skripsi
E.
Moto dan Persembahan
F.
Rencana Penelitian
G. Pedoman Wawancara
H. Angket
I.
Kisi-kisi Penelitian
J.
SK Dosen Pembimbing
K. Surat Pengantar Penelitian
L.
Surat Keterangan Penelitian dari Lokasi
Penelitian
M. Surat Keterangan Penelitian dari Pemerintahan Desa
N. Agenda Bimbingan
O. Riwayat Hidup
DAFTAR TABEL
Tabel 1 Jumlah Penduduk dan Jumlah Hak Pilih Desa Silihwangi.......................... 54
Tabel 2 Jumlah Taraf Pendidikan Penduduk Desa Silihwangi................................. 55
Tabel 3 Sarana dan Prasarana Pemerintahan Desa Silihwangi................................. 55
Tabel 4 Data Pondok Pesantren Desa Silihwangi.................................................... 56
Tabel 5 Data Madrasah
Diniyah Desa Silihwangi.................................................... 57
Tabel 6 Data Mesjid
Desa Silihwangi...................................................................... 57
Tabel 7 Data Mushola
Desa Silihwangi.................................................................... 58
Tabel 8 Data Yayasan
Desa Silihwangi.................................................................... 59
Tabel 9 Mata Pencaharian Penduduk Desa Silihwangi............................................ 61
Tabel 10 Jumlah Ternak Desa Silihwangi................................................................. 61
Tabel 11 Data Rt Pemerintahan Desa Silihwangi..................................................... 62
Tabel 12 Data Aparat Pemerintah Desa Silihwangi................................................. 63
Tabel 13 Data Tokoh Agama Desa Silihwangi......................................................... 64
Tabel 14 Data Guru Ngaji Desa Silihwangi............................................................. 65
Tabel 15 Data Majelis Ta’lim Desa Silihwangi......................................................... 66
Tabel 16 Data Penceramah Desa Silihwangi............................................................ 67
Tabel 17 Data Kebatinan, Penjaga Makom Desa Silihwangi................................... 68
Tabel 18 Data Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Silihwangi.... 69
Tabel 19 Data Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Silihwangi......... 70
Tabel 20 Data Anggota PKK Desa Silihwangi........................................................ 70
Tabel 21 Jadwal Pelajaran MTs Miftahusshudur Tahun Pelajaran 2011/2012......... 79
Tabel 22 Keadaan Siswa di MTs Miftahusshudur................................................... 82
Tabel 23 Data Guru dan Personalia MTs Miftahusshudur Tahun Pelajaran
2011/2012 83
Tabel
24 Sarana Belajar MTs Miftahusshudur......................................................... 85
Tabel
25 Prasarana Belajar MTs Miftahusshudur..................................................... 86
Tabel
26 Seleksi Angket Penelitian.......................................................................... 92
Tabel 27 Tabulasi Data Variabel X Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadits Dalam
Penggunaan Alat Peraga 92
Tabel
28 Variabel X.................................................................................................. 93
Tabel
29 Variabel Y.................................................................................................. 94
Tabel
30 Data Variabel X dan Variabel Y Untuk Analisis Korelasi........................ 95
Tabel
31 Kriteria Korelasi Product Moment............................................................ 97
Tabel
32 Nilai-nilai r Product Moment..................................................................... 98
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1 Hubungan Antara Variabel-Variabel......................................................... 9
Gambar 2 Struktur Organisasi MTs Miftahusshudur............................................... 73
Gambar 3 Denah MTs Miftahusshudur.................................................................... 78
RIWAYAT HIDUP
Penulis skripsi ini bernama: Asep Iwan, lahir di Blok Margaluyu Desa
Wadowetan Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka, pada tanggal 15 Januari
1980. Anak pertama dari tiga bersaudara, putera dari Ayahanda Apidin dan Ibunda
Nioh.
Penulis menyelesaikan pendidikan formal:
1. SDN
Langensari Tahun 1993
2. SMPN
I Bantarujeg Tahun 1996
3. SMAN
I Bantarujeg Tahun 2000
4. FAI
UNMA Tahun 2012
Selain pendidikan formal
yang pernah diikuti, penulis juga pernah aktif dalam organisasi PPSI GB
Sanalika Putera Pusat Cimahi Bandung Tahun
2002
Penulis juga
sa’at ini aktif sebagai perangkat Pemerintahan Desa Wadowetan Kecamatan
Bantarujeg Kabupaten Majalengka.