Cover Skripsi PAI


KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN
ALAT PERAGA HUBUNGAN DENGAN PRESTASI SISWA
PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII
DI MTS MIFTAHUSSHUDUR DESA SILIHWANGI
KECAMATAN BANTARUJEG
TAHUN AJAR 2011/2012

SKRIPSI


Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam
Pada Program Studi PAI



 
 

 

Disusun Oleh :

A S E P    I W A N
NPM. 10 10 3 0009




FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MAJALENGKA
 TAHUN 2012


MOTTO DAN PERSEMBAHAN


Motto:
Pendidikan tidak menyuburkan benih pada dirimu, tapi membuat benihmu tumbuh”
“Jika kekayaan menjadi tujuan iman, jika patriotisme menjadi sarana kepentingan pribadi dan jika pendidikan menjadi alat pengejar pangkat, aku lebih suka menjadi orang yang tidak usah beriman, bukan patriotisme dan orang bebal yang rendah hati”










Persembahan:
Ku persembahkan karya tulisku ini untuk istriku tersayang, ayahanda dan ibunda tercinta, untuk adik-adikku dan keluarga tercinta.dan juga teman-temanku
 


ABSTRAKSI

ASEP IWAN: Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat  Peraga Hubungan dengan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qrr’an Hadits Kelas VIII di MTs Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka Tahun Ajar 2011/2012.
Pendidikan merupakan proses belajar memang tidak cukup dengan sekedar mengajar masalah kecerdasan saja, berbagai potensi anak didik atau subjek  belajar lainnya juga harus mendapatkan perhatian yang profesional  agar berkembang secara optimal. Karena itulah aspek atau rasa emosi maupun keterampilan fisik juga perlu mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang. Sebagai mana yang kita kenal istilah cipta, rasa dan karsa. Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didiknya. Dalam dunia pendidikan keterampilan dalam mengolah kelas dan menggunakan alat peraga merupakan syarat utama yang mesti dimiliki oleh seorang guru profesional, karena keterampilan atau kreatifnya seorang guru, akan membuat suasana proses belajar-mengajar yang kondusif dan efisien.
Ada tiga macam rumusan masalah yang penulis tetapkan yang berkisar pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kreativitas guru dalam menggunakan alat peraga pada mata pelajaraan Al-Qur’an  Hadits, prestasi siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an  Hadits, dan untuk mengetahui apakah ada korelasi atau hubungannya penggunaan alat peraga dengan prestasi siswa pada mata pelajaraan Al-Qur’an  Hadits di MTs  Miftahusshudur.
Dalam penelitian ini penulis membuat gambaran pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan alat peraga pengaruhnya terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Adapun untuk menganalisa data yang diperoleh penulis menggunakan komunikasi tidak langsung berupa angket tertutup sebanyak 20 item yang di sebarkan kepada siswa yang ditetapkan sebagai sampel sebanyak 24 orang, data kualitatif berupa nilai prestasi belajar bersumber pada leger di sekolah.
Setelah data terkumpul diolah dengan menggunakan rumus korelasi product moment untuk mencari pengaruh variabel x dan y. Hasil yang diperoleh menunjukan korelasi kuat 0,713 berada pada interval 0,60 – 0,799.
Pada bagian akhir skripsi, penulis mengajukan saran yang ditujukan kepada orang tua, instansi sekolah dan guru. Isi saran mengacu pada perbaikan situasi pendidikan selanjutnya.
  




KATA PENGANTAR

ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Illahi Rabbi Allah SWT, karena berkat Rahmat dan Ridha-Nya, penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi yang berjudul ”KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN ALAT PERAGA HUBUNGAN DENGAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTS MIFTAHUSSHUDUR DESA SILIHWANGI KECAMATAN BANTARUJEG TAHUN AJAR 2011/2012”. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan pada junjunan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya dan kepada seluruh umat Islam yang sholeh dan sholehah. skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam pada program studi PAI.
Penulis banyak mendapat bantuan, motivasi, serta bimbingan dari berbagai pihak. Dan pada kesempatan ini penulis akan menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu demi terwujudnya karya tulis ini, kiranya penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.        Prof. Dr. H. A. Yunus, Drs, SH, MBA, M.Si., Rektor Universitas Majalengka.
2.        Drs. H. Hasan Sarip, M.Si., Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Majalengka.
3.        Drs. M. Saroni, M.Ag., Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Majalengka.
4.        Drs. H. Abu Syahbudin, M.Ag., selaku Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam Universitas Majalengka.
5.        H. Z.A. Sastramiharja, SH.,MH., Selaku pembimbing I.
6.        Drs. H. U. Saeful Uyun, M.M.Pd., Selaku pembimbing II.
7.        Semua Dosen dan Karyawan/karyawati yang bertugas pada Fakultas Agama Islam Universitas Majalengka.
8.        Keluarga tercinta, terutama ayahanda dan ibunda yang mana telah memberikan bantuan moril yang tak ternilai harganya.
9.        Adi-adikku tersayang yang sedikit besarnya telah membantu kelancaran penyelesaian karya tulis ini.
10.    Nina Herlina, S.Pd., atas segala fasilitasnya, motivasinya, semangatnya, ide-idenya, masukannya dan bantuannya.
11.    Bapak E. Makbullah, S.Pd.,M.Pd., Kepala Sekolah SDN Cigaleuh II yang mana beliau selalu memberikan masukan dan motivasinya.
12.    Bapak Yedi Herdiana, S.P., Kepala Sekolah MTs Miftahusshudur atas fasilitasnya.
13.    Ibu Nina Sri Hayani, S.Pd.I., Guru Al-Qur’an Hadits MTs Miftahusshudur atas informasi dan bantuannya.
14.    Teman-teman yang selalu memberikan support-nya.
15.    Serta semua pihak yang telah membantu dalam kelancaran penyusunan skripsi ini.
Semoga Allah SWT membalas semua amal kebaikan yang telah Bapak/Ibu berikan. Amin.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya tulis ini tidak lepas dari kekurangan,  hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan dan penngetahuan yang dimiliki penulis. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna perbaikan dan penyempurnaan lebih lanjut.
Akhirnya penulis berharap, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca dan bagi penulis khususnya, sehingga syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam dapat terwujud. Amin.


Majalengka,     Juli 2012

  Penulis,





DAFTAR ISI

ABSTRAKSI............................................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................ v
DAFTAR TABEL.................................................................................................... x
DAFTAR GAMBAR............................................................................................. xii
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah............................................................................... 1
B.  Perumusan Masalah...................................................................................... 4
1.    Pembatasan Masalah................................................................................ 5
C.  Tujuan Penelitian.......................................................................................... 5
D.  Kerangka Pemikiran..................................................................................... 6
E.   Langkah-langkah Penelitian......................................................................... 9
1.    Penentuan Metode Penelitian.................................................................. 9
2.    Menetapkan Sumber Data Penelitian.................................................... 11
3.    Teknik Pengumpulan Data.................................................................... 12
4.    Teknik Analisis Data............................................................................. 15
BAB II KAJIAN TEORITIK PENELITIAN
A.  Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Alat Peraga (Media Pembelajaran). 18
1.    Pengertian Kreativitas........................................................................... 18
2.    Pengertian Guru..................................................................................... 22
3.    Pengertian Alat Peraga (Media Pembelajaran)...................................... 27
4.    Jenis-jenis Alat Peraga (Media Pembelajaran)....................................... 29
5.    Kelebihan dan Kelemahan Alat Peraga (Media Pembelajaran)............. 30
6.    Manfa’at Penggunaan Alat Peraga (Media Pembelajaran).................... 31
B.  Prestasi Belajar Siswa................................................................................. 33
1.    Makna Prestasi Belajar.......................................................................... 33
2.    Jenis-jenis Prestasi Belajar..................................................................... 34
3.    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi.......................................... 36
C.  Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam Pembelajaran.......................................... 42
1.    Pengertian Al-Qur’an............................................................................ 42
2.    Keistimewaan Al-Qur’an....................................................................... 43
3.    Pengertian Al-Hadits............................................................................. 44
4.    Fungsi dan Perbandingan Hadits dengan Al-Qur’an............................ 46
5.    Pengertian Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits........................................ 46
6.    Fungsi Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits.............................................. 48
7.    Tujuan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits.............................................. 49
8.    Dasar-dasar Pembelajaran Al-Qur’an Hadits........................................ 49
D.  Pengeruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi siswa........................ 51
BAB III KONDISI OBJEKTIF LOKASI PENELITIAN
A.  Gambaran Umum Lokasi Penelitian........................................................... 52
1.    Letak Geografis MTs Miftahusshudur.................................................. 52
2.    Keadaan Demografis Objek Penelitian................................................. 53
3.    Profil Sekolah........................................................................................ 71
4.    Visi, Misi dan Tujuan............................................................................ 71
5.    Struktur Organisasi MTs Miftahusshudur............................................. 72
6.    Muatan Kurikulum MTs Miftahusshudur.............................................. 74
7.    Denah MTs Miftahusshudur.................................................................. 78
8.    Kegiatan Belajar Mengajar di MTs Miftahusshudur............................. 79
B.  Keadaan Siswa........................................................................................... 82
C.  Tenaga Pendidik Dan Kependidikan......................................................... 83
1.    Keadaan Guru....................................................................................... 83
2.    Tenaga Tata Usaha................................................................................ 84
D.  Sarana Dan Prasarana................................................................................. 84
1.    Sarana Belajar MTs Miftahusshudur..................................................... 85
2.    Prasarana Belajar MTs Miftahusshudur................................................. 86
BAB IV ANLISIS DATA PENELITIAN
A.  Penetuan Teknik Pengolahan Data............................................................. 88
B.  Pengolahan Data........................................................................................ 91
1.    Penyebaran Alat Pengumpulan Data..................................................... 91
2.    Seleksi Data dan Tabulasi Data............................................................. 92
3.    Variabel x (Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga)............. 93
4.    Variabel y (Prestasi Siswa pada Pelajaran Al-Qur’an Hadits)............... 94
5.    Keterkaitan Variabel x dan Variabel y untuk Analisis Korelasi............ 95
6.    Uji Hipotesis.......................................................................................... 97
C.  Interprestasi Data..................................................................................... 101
1.    Interpretasi Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Siswa 101
2.    Interpretasi dengan Menggunakan Nilai Tabel ”t.............................. 101
3.    Tingkat Kepedulian Antara Kedua Variabel....................................... 101
4.    Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga (Variabel x)........... 102
5.    Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Variabel y).... 102
6.    Kreativitas Guru dalam Penggunaan Alat Peraga Hubungan  dengan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an  Hadits Kelas VIII di MTs  Miftahusshudur Desa Silihwangi Kecamatan Bantarujeg........................................................................................... 102
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan............................................................................................... 104
B.  Saran......................................................................................................... 106
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................... 108
LAMPIRAN-LAMPIRAN;
A.  Halaman Judul
B.  Persetujuan
C.  Pengesahan
D.  Pernyataan Otensita Skripsi
E.   Moto dan Persembahan
F.   Rencana Penelitian
G.  Pedoman Wawancara
H.  Angket
I.     Kisi-kisi Penelitian
J.     SK Dosen Pembimbing
K.  Surat Pengantar Penelitian
L.   Surat Keterangan Penelitian dari Lokasi Penelitian
M. Surat Keterangan Penelitian dari Pemerintahan Desa
N.  Agenda Bimbingan
O.  Riwayat Hidup






DAFTAR TABEL

Tabel 1 Jumlah Penduduk dan Jumlah Hak Pilih Desa Silihwangi.......................... 54
Tabel 2 Jumlah Taraf Pendidikan Penduduk Desa Silihwangi................................. 55
Tabel 3 Sarana dan Prasarana Pemerintahan Desa Silihwangi................................. 55
Tabel 4 Data Pondok Pesantren Desa Silihwangi.................................................... 56
Tabel 5 Data Madrasah Diniyah Desa Silihwangi.................................................... 57
Tabel 6 Data Mesjid Desa Silihwangi...................................................................... 57
Tabel 7 Data Mushola Desa Silihwangi.................................................................... 58
Tabel 8 Data Yayasan Desa Silihwangi.................................................................... 59
Tabel 9 Mata Pencaharian Penduduk Desa Silihwangi............................................ 61
Tabel 10 Jumlah Ternak Desa Silihwangi................................................................. 61
Tabel 11 Data Rt Pemerintahan Desa Silihwangi..................................................... 62
Tabel 12 Data Aparat Pemerintah Desa Silihwangi................................................. 63
Tabel 13 Data Tokoh Agama Desa Silihwangi......................................................... 64
Tabel 14 Data Guru Ngaji Desa Silihwangi............................................................. 65
Tabel 15 Data Majelis Ta’lim Desa Silihwangi......................................................... 66
Tabel 16 Data Penceramah Desa Silihwangi............................................................ 67
Tabel 17 Data Kebatinan, Penjaga Makom Desa Silihwangi................................... 68
Tabel 18 Data Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Silihwangi.... 69
Tabel 19 Data Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Silihwangi......... 70
Tabel 20 Data Anggota PKK Desa Silihwangi........................................................ 70
Tabel 21 Jadwal Pelajaran MTs Miftahusshudur Tahun Pelajaran 2011/2012......... 79
Tabel 22 Keadaan Siswa di MTs Miftahusshudur................................................... 82
Tabel 23 Data Guru dan Personalia MTs Miftahusshudur Tahun Pelajaran 2011/2012  83
Tabel 24 Sarana Belajar MTs Miftahusshudur......................................................... 85
Tabel 25 Prasarana Belajar MTs Miftahusshudur..................................................... 86
Tabel 26 Seleksi Angket Penelitian.......................................................................... 92
Tabel 27 Tabulasi Data Variabel X Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Penggunaan Alat Peraga    92
Tabel 28 Variabel X.................................................................................................. 93
Tabel 29 Variabel Y.................................................................................................. 94
Tabel 30 Data Variabel X dan Variabel Y Untuk Analisis Korelasi........................ 95
Tabel 31 Kriteria Korelasi Product Moment............................................................ 97
Tabel 32 Nilai-nilai r Product Moment..................................................................... 98




DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 Hubungan Antara Variabel-Variabel......................................................... 9
Gambar 2 Struktur Organisasi MTs Miftahusshudur............................................... 73
Gambar 3 Denah MTs Miftahusshudur.................................................................... 78




RIWAYAT HIDUP

Penulis skripsi ini bernama: Asep Iwan, lahir di Blok Margaluyu Desa Wadowetan Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka, pada tanggal 15 Januari 1980. Anak pertama dari tiga bersaudara, putera dari Ayahanda Apidin dan Ibunda Nioh.

Penulis menyelesaikan pendidikan formal:
1.    SDN Langensari                   Tahun 1993
2.    SMPN I Bantarujeg              Tahun 1996
3.    SMAN I Bantarujeg             Tahun 2000
4.    FAI UNMA                          Tahun 2012
Selain pendidikan formal yang pernah diikuti, penulis juga pernah aktif dalam organisasi PPSI GB Sanalika Putera Pusat Cimahi Bandung                        Tahun 2002
Penulis juga sa’at ini aktif sebagai perangkat Pemerintahan Desa Wadowetan Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka.
 

                       


Previous
Next Post »